Ada yang lain lhooo

Sabtu, 02 Februari 2013

PENGERTIAN, CIRI, DAN JENIS AFIKS DAN AFIKSASI


PENGERTIAN, CIRI, DAN JENIS AFIKS DAN AFIKSASI


TUGAS KELOMPOK
Untuk Memenuhi Tugas Matakuliah
Morfologi Bahasa Indonesia
Yang dibina oleh Dr. Sumadi M.Pd.



Oleh:
Ardhi Fajar                  110211413102
Ayu Novitasari            110211413079
Claudia Bunga Kasih  110211413099
Danang Febrianto       110211413101
Deva Aldynata            110211413073
Offering B




 







UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS SASTRA
JURUSAN SASTRA INDONESIA
MARET 2012


A.    PENGERTIAN AFIKS DAN AFIKSASI

            Afiks ialah satuan gramatik terikat yang bukan merupakan bentuk dasar, tidak mempunyai makna leksikal, dan hanya mempunyai makna gramatikal, serta dapat dilekatkan pada bentuk asal atau bentuk dasar untuk membentuk bentuk dasar dan atau kata baru. Sebagai contoh, satuan gramatik {meN-}, {di-}, {ter-}, {ke-an}, {se-nya}, {memper-}, {memper-i}, {ber-an} dan sebagainya. Karena satuan-satuan gramatik ini merupakan bentuk terikat dan tidak mempunyai makna leksikal dan hanya akan mempunyai makna gramatikal setelah digabung dengan satuan gramatik lain.
                  Afiks adalah bentuk terikat yang apabila ditambahkan ke bentuk lain akan mengubah makna gramatikalnya (Kridalaksana, 1993). Dasar yang dimaksud pada penjelasan tersebut adalah bentuk apa saja, baik sederhana maupun kompleks yang dapat diberi afiks apapun (Samsuri, 1988).
Afiksasi ialah proses pembentukan kata dengan cara menggabungkan afiks pada bentuk dasar atau juga dapat disebut sebagai proses penambahan afiks atau imbuhan menjadi kata. Hasil proses pembentukan afiks atau imbuhan itu disebut kata berimbuhan.
Afiksasi merupakan unsur yang ditempelkan dalam pembentukan kata dan dalam linguistik afiksasi bukan merupakan pokok kata melainkan pembentukan pokok kata yang baru. Sehingga para ahli bahasa merumuskan bahwa, afiks merupakan bentuk terikat yang dapat ditambahkan pada awal, akhir maupun tengah kata (Richards, 1992).
Afiksasi atau pengimbuhan sangat produktif dalam pembentukan kata, hal tersebut terjadi karena bahasa indonesia tergolong bahasa bersistem aglutinasi.  Sistem aglutinasi adalah proses dalam pembentukan unsur-unsurnya dilakukan dengan jalan menempelkan atau menambahkan unsur selainnya.

B.     CIRI KATA BERIMBUHAN
1.      Kata berimbuhan ialah bahwa kata-kata ini terdiri atas lebih dari satu morfem (polimorfemis) dan salah satu atau lebih morfemnya berupa afiks.

1
2.      Kata berimbuhan ialah bahwa kata-kata ini mempunyai makna gramatikal atau makna gramatis.
3.      Kata berimbuhan ialah bahwa dalam proses terjadinya kata-kata itu terjadi pula perubahan kelas kata dari bentuk dasarnya.

C.    JENIS AFIKS
Berdasarkan posisinya dalam proses pembentukan kata :

1.      Prefiks (Awalan)

      Proses pembentukan kata dengan menambahkan afiks atau imbuhan di depan bentuk dasarnya atau juga proses pembentukan kata-kata yang dilakukan dengan cara membubuhkan atau menambahkan atau menempelkan afiks di depan bentuk dasarnya. Contoh prefiks atau awalan, yaitu di-, ter-, ke-, se-, meN-, peN-, pra-, a-, per-, ber-, dan sebagainya.
                 
terbuang


 


                                sufiks                    ter-            buang


2.      Infiks
     
      Proses pembentukan kata dengan menambah afik atau imbuhan di tengah bentuk dasarnya. Afik-afik yang ditambahkan tersebut disebut infik atau sisipan. Proses pembentukan kata telinjuk, gemetar, dan gerigi, dilakukan dengan menambahkan infik di tengah bentuk dasarnya. Contohnya : -el-, -er-, -em-, dan -in-.
2
Proses pembentukanya:    infiks                +     bentuk dasar       à        kata
infiks -el-         +          tunjuk              à        telunjuk
infiks -em-       +          getar                à        gemetar
infiks -er-         +          gigi                  à        gerigi


      Dalam bahasa Indonesia, jumlah infiks sangat terbatas, hanya ada 3 infiks yang sudah disebutkan di atas. Lalu kita juga menemukan infiks –in- yang seperti digunakan pada kata sinambung. Selain sinambung kata lain yang seakan-akan dibentuk dengan infiks –in-, yaitu kata kinerja padanan kata Performance dalam bahasa Inggris. Sebenarnya –in- memang merupakan infiks, tetapi digunakan aktif pada bentukan kata-kata dalam bahasa Jawa. Infiks –in- belum dapat menyatu sebagai afiks dan belum produktif dalam pembentukan kata baru dalam bahasa Indonesia. Jadi, dapat disimpulkan infiks –in- bukan infiks dalam bahasa Indonesia. Dengan demikian bahasa Indonesia menyerap kata sinambung dan kinerja secara utuh dari bahasa Jawa.

3.      Sufiks

      Proses pembentukkan kata yang dilakukan dengan cara menambahkan atau menempelkan afiks di akhir bentuk dasarnya, maka afiks tersebut disebut sufiks atau akhiran. Istilah ini juga berasal dari bahasa Latin suffixus yang berarti melekat (fixus, figere). Sufiks asli dalam bahasa Indonesia juga sangat terbatas. Masih banyak akhiran-akhiran asing lain yang dimasukkan ke dalam bahasa Indonesia, yaitu –isasi, -er, -is, dan sebagainya. Sehingga beberapa akhiran-akhiran asing tersebut disebut sufiks serapan dari bahasa lain.
      Sebuah afiks, termasuk sufiks, dikategorikan sebagai keluarga afiks bahasa Indonesia jika sudah dapat melekat pada bentuk dasar asli bahasa Indonesia sehingga
3
afiks itu secara potensial dapat digunakan untuk membentuk kata-kata baru dalam bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia hanya melakukan penyesuaian pelafalan dan atau penulisan yang dianggap perlu. Contoh : -an, -kan, -i.
Contohnya seperti berikut :

ayunan             kata ayunan                tersebut dianggap sebagai satu morfem

 ayun         -an               sufiks                   –an “ perkakas atau alat “


sportif              kata sportif                 tersebut dianggap sebagai satu morfem

sport          -if               sufiks                    –if  “ kata kerja “

4.      Konfiks

      Konfiks ialah afiks gabungan yang terbentuk atas perfiks dan sufiks yang berfungsi mendukung makna tertentu. Karena mendukung makna tertentu itulah maka konfiks tidak dianggap sebagai prefiks atau sufiks yang masing-masing berdiri sendiri, tetapi dianggap sebagai satu kesatuan bentuk yang tidak terpisahkan. Dan karena morfem merupakan komposit bentuk beserta artinya, maka konfiks dianggap satu morfem, bukan gabungan dua morfem (Sumadi, 2008).
      Konfiks disebut juga simulfiks karena konfiks itu merupakan merupakan gabungan afiks yang secara simultan mendukung makna tertentu. Konsep dasar konfiks atau simulfiks tidak sama karena sudut pandang penamaan konfiks dan simulfiks memang berbeda. Konfiks dilihat dari kebersamaannya mendukung satu makna atau satu pengertian, sedangkan simulfiks didasarkan kebersamaannya atau
4
                  simultannya satuan gramatik itu dalam membentuk satuan gramatik yang lebih besar. Berdasarkan asalnya, afiks dalam bahasa indonesia dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu:
1. Afiks asli, yaitu afiks yang bersumber dari bahasa Indonesia. Misalnya, meN-, ber-ter-, -el-, -em-, -er-, -I, -kan, dan lainnya.
2. Afiks serapan, yaitu afiks yang bersumber dari bahasa asing ataupun bahasa daerah. Misalnya, -man, -wan, -isme, -isasi, dan lain-lain.

















5
Perhatikan tabel di bawah ini.
Prefiks
Infiks
Sufiks
Kombinasi afiks
Konfiks
Asli
Serapan
Asli
Asli
Serapan
Asli
Asli
meN-
pra-
-el-
-an
-man
me-I
ber-an
ke-
maha-
-em-
-i
-wan
di-i
ber-kan
ber-
non-
-er-
-kan
-wati
me-kan
ke-an
di-
swa-

-nya
-a
memper-
pe-an
peN-
tuna-


-i
diper-
per-an
per-
inter-


-at
memper-kan
se-nya
ter-
an-


-in
diper-kan

se-
dwi-


-isme
ber-an


anti-



ber-kan


a-



ke-an


auto-



per-kan


hetero-



per-i


homo-



keber-an


epi-



kese-an


mikro-



keter-an


super-



pember-an






pemer-an






penye-an



















6

8 komentar:

  1. masukan, afiks serapan itu sekarang sudah dimasukkan sebagai klitik, karena mempunyai makna leksikal

    BalasHapus
  2. good share~
    boleh tanya, bagaimana cara liat kumpulan skripsi tentang afiksasi?
    saya perlu keterangan indeks untuk mengambil materinya
    Trim's

    BalasHapus
  3. good share~
    boleh tanya, bagaimana cara liat kumpulan skripsi tentang afiksasi?
    saya perlu keterangan indeks untuk mengambil materinya
    Trim's

    BalasHapus